Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Kebakaran, Damkar Jakbar Hanya 507 Petugas

Kompas.com - 28/11/2012, 16:12 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah petugas pemadam kebakaran di wilayah Jakarta Barat dinilai masih kurang dari standar. Padahal, daerah tersebut paling rawan diamuk si jago merah.

"Kalau idealnya satu provinsi memiliki 6.000 personel. Di wilayah sendiri, khususnya Jakarta Barat, sebaiknya memiliki 1.300 personel," kata Abdul Karim, Kepala Suku Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Rabu (28/11/2012).

Menurutnya, saat ini, Jakarta Barat hanya memiliki 507 petugas pemadam kebakaran. Selain itu, pos kebakaran juga masih kurang untuk bisa menjangkau letak kebakaran yang jauh dari lokasi kebakaran.

"Kalau di Jakarta Barat dari 56 kelurahan cuma punya 13 pos kebakaran. Kalau mau cepat menjangkau lokasi kebakaran harusnya setiap kelurahan ada posnya," ujar Karim.

Karim menjelaskan, setiap lokasi memiliki area rawan kebakaran. Akan tetapi, untuk wilayah Tambora sudah masuk pada zona merah karena daerah tersebut sering terjadi kebakaran.

Untuk sarana pembantu pemadaman kebakaran, Karim mengatakan pihaknya sudah menyediakan tangga setinggi 55 meter dan pompa portebel agar bisa memudahkan petugas kebakaran. Selain kendala sarana peralatan, lalu lintas di jalan apabila terjadi kebakaran pada sore dan pagi hari juga menjadi masalah bagi para petugas pemadam untuk sampai lokasi kebakaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com