Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kampung Sawah Sambut Jokowi

Kompas.com - 28/11/2012, 20:03 WIB
Abdi Nurdiansyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melakukan demonstrasi sejak pukul 06.00 tadi, Rabu (28/11/2012), warga Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara, akhirnya lega karena Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersedia hadir di tengah-tengah mereka pada sore hari. Warga menyambut orang nomor satu di pemerintahan Jakarta itu dengan sukacita.

Dalam kunjungannya, Jokowi melakukan pertemuan dengan warga selama kurang dari satu jam. Jokowi yang sebelumnya dibuat pusing dengan pertemuan yang membahas kelanjutan proyek mass rapid transit (MRT) menyempatkan diri untuk shalat Maghrib di Masjid Nur Hidayah, Kampung Sawah. Warga yang menyaksikan itu ikut berkerumun ke masjid tersebut dan meminta bersalaman dengan Jokowi.

Dalam pertemuan dengan warga Kampung Sawah, Jokowi juga ditemani Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono. Dalam dialog tersebut, Jokowi menjanjikan beberapa hal terkait status kependudukan warga.

"Nanti saya kasih KTP, saya buatkan RT dan RW, saya berikan KJS, tetapi warga saya harap sabar," kata Jokowi yang disambut gegap gempita oleh warga.

Akhirnya, pertemuan Jokowi dengan warga Kampung Sawah berakhir dengan kepuasan warga atas demonstrasi hari ini. "Alhamdulillah, akhirnya doa kita didengar Allah SWT," ucap seorang warga.

Sejak tadi pagi, warga Kampung Sawah berunjuk rasa dengan membakar ban dan memblokade jalan raya Cakung-Cilincing. Mereka gerah karena mendengar bahwa hari ini akan ada eksekusi penggusuran warga dari tanah yang mereka diami. Mereka bersikeras untuk mendapatkan hak atas tanah tersebut karena mereka telah mendiami tempat tersebut selama bertahun-tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com