Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Ginjal untuk Beli iPhone dan iPad 2

Kompas.com - 30/11/2012, 00:05 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Pihak berwajib China memenjarakan tujuh orang, termasuk seorang ahli bedah, Kamis (29/11/2012), berkaitan dengan kasus seorang remaja dari salah satu wilayah miskin di China yang menjual ginjalnya untuk membeli sebuah iPhone dan sebuah iPad 2.

Kantor berita AFP mengutip kantor berita China, Xinhua, melaporkan bahwa seorang siswa SMA, Wang Shangkun (18), menderita kegagalan ginjal setelah menjalani pembedahan transplatasi ginjal ilegal pada bulan April tahun lalu.

Wang sebelumnya sudah sepakat menjual satu dari ginjalnya setelah dia berjumpa dengan sindikat melalui media online. Dia kemudian menerima 22.000 yuan atau sekitar Rp 35 juta untuk ginjalnya itu. Padahal, harga jual ginjal tersebut bisa sepuluh kali lipat.

Kasus ini kemudian muncul di pengadilan dan sembilan tersangka diajukan ke pengadilan karena terlibat dalam sindikat perdagangan organ tubuh ini. Mereka semua dinyatakan bersalah walaupun dua dari sembilan tersangka akhirnya tidak dihukum karena peran mereka sangat kecil dalam kasus kriminal ini.

He Wei yang mengorganisasi transpalatasi ilegal ini dihukum lima tahun penjara. Ahli bedah, Song Zhongyu, yang melakukan pembedahan dihukum tiga tahun penjara dan masa percobaan lima tahun. Keduanya masing-masing menerima 50.000 yuan untuk aksi mereka ini.

Ibu Wang, Ou Lingchun, saat di pengadilan Distrik Beihu di kota Chenzou, Provinsi Hunan, menegaskan, putranya pada dasarnya tidak menjual ginjalnya, terutama karena hanya untuk membeli iPhone dan iPad 2.

"Putra saya telah dibujuk sindikat kriminal perdagangan organ tubuh ini dan dia mungkin takut memegang uang dalam jumlah besar dari penjualan ginjal. Itu sebabnya dia membeli sebuah iPhone dan iPad," ujar Ou, seperti dikutip media lokal.

Para tersangka yang tidak pernah memeriksa berapa usia Wang sebelum pembedahan harus membayar kompensasi lebih dari 1,47 juta yuan kepada keluarga korban. Kasus jual beli organ tubuh di China kini menjadi sebuah rahasia umum.

Otoritas China bulan Agustus lalu menahan 137 orang, beberapa di antaranya dokter, yang dicurigai terlibat dalam sindikat perdagangan organ tubuh. Jaringan sindikat praktis beroperasi di seluruh China. Permintaan terhadap organ tubuh manusia di China cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com