Mesin ATM di Indomaret Rawamangun Digondol Maling

Kompas.com - 30/11/2012, 06:14 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Mesin ATM Mandiri di dalam toko waralaba Indomaret di Jalan Kayu Jati V, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (29/11), hilang digondol maling. Mesin ATM berbobot hampir 500 kilogram itu diangkut komplotan pencuri yang diduga berjumlah tiga orang sekitar pukul 05.45.

Menurut salah seorang pengawas Indomaret, Iwan, sekitar pukul 07.00 tiga karyawan yang giliran bekerja pagi hari membuka toko tiba di toko dan menemukan pagar toko telah terbuka dan gemboknya hilang. Pintu luncur yang menutup seluruh bagian depan toko juga sudah terbuka dan gemboknya tak ada.

”Rantai yang kami pakai mengunci pintu toko juga ikut hilang,” kata Iwan.

Setelah masuk ke dalam toko, ketiganya menyaksikan mesin ATM Mandiri telah hilang dan hanya meninggalkan rangka kayu ATM tersebut. Sementara itu, mesin ATM BCA yang berdiri di sebelahnya masih berdiri utuh.

Tidak jauh dari tempat mesin ATM yang hilang, ditemukan dua batang linggis, satu balok kayu, dan sepasang sandal jepit yang diduga milik pelaku.

Hasil penyelidikan sementara Polsek Pulogadung, pelaku diduga berjumlah tiga orang. Pelaku menumpang mobil Toyota Avanza warna hitam. Seorang saksi melihat, sekitar pukul 05.45, pelaku memarkir mobil di depan pagar Indomaret. Salah satu pelaku terlihat membersihkan kaca mobil. Saksi tidak memperhatikan tingkah laku pelaku selanjutnya karena mengira mereka karyawan Indomaret.

Kepala Polsek Pulogadung Komisaris R Hari Purnomo mengidentifikasi pelaku membongkar mesin ATM dengan menggunakan linggis kemudian mesin itu diangkat ke atas mobil menggunakan balok kayu. Dengan bobot hampir 500 kilogram, diperkirakan mesin itu diangkut pelaku dengan cara ditarik. Jejak bekas benda berat yang ditarik terlihat di lantai depan pintu Indomaret.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenai jumlah pelaku, menurut Hari, masih akan diidentifikasi dari kamera CCTV yang terpasang di atas ATM Mandiri dan BCA.

Menurut salah seorang anggota polisi, ATM Mandiri yang hilang itu mesinnya tak dibaut ke lantai sehingga relatif mudah dipindahkan. Di lokasi kejadian, tak ditemukan jejak baut pada lantai tempat ATM Mandiri berdiri.

Kedua ATM di toko waralaba itu juga tidak dilengkapi alarm. Toko waralaba Indomaret tempat mesin ATM itu hilang juga tidak dilengkapi kamera CCTV atau alarm. (MDN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.