Kompas.com - 30/11/2012, 11:38 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

TEGAL, KOMPAS.com — Harga daging sapi di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, naik sekitar Rp 5.000 per kilogram dalam sepekan terakhir. Kondisi tersebut mengakibatkan pasar daging sapi lesu.

Dari pantuan di Pasar Pagi, Kota Tegal, Jumat (30/11/2012), saat ini harga daging antara Rp 80.000 per kilogram dan Rp 85.000 per kilogram. Sebelumnya, harga daging sapi hanya Rp 75.000 per kilogram hingga Rp 80.000 per kilogram.

Desi (32), pedagang daging sapi di Pasar Pagi Kota Tegal, mengatakan, harga daging sapi naik dari Rp 80.000 per kilogram menjadi Rp 85.000 per kilogram. Menurut dia, pedagang menaikkan harga jual daging sapi karena harga beli daging dari pemotong juga naik sekitar Rp 5.000 per kilogram.

Suranti (62), pedagang daging sapi lainnya, mengatakan, harga beli daging sapi dari pemotong naik dari Rp 70.000 per kilogram menjadi Rp 75.000 per kilogram. Ia juga menaikkan harga jual daging dari Rp 75.000 per kilogram menjadi Rp 80.000 per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi mengakibatkan pasar daging sepi. Pembeli banyak yang mengurungkan niat membeli daging setelah mengetahui adanya kenaikan harga.

Padahal, dengan harga Rp 80.000 per kilogram, keuntungan yang diperoleh tipis, bahkan tidak jarang merugi. Hal itu karena dari setiap 10 kilogram daging sapi yang dibelinya dari pemotong terdapat sekitar 1 kilogram hingga 2 kilogram daging yang kotor (terpotong kecil-kecil). Daging kotor hanya laku dijual Rp 40.000 per kilogram.

"Kalau sudah naik begini, harga daging sapi tidak akan turun lagi," kata Sopiah (45), pedagang lainnya. Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab naiknya harga daging sapi. Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pemotong, saat ini pemotong kesulitan mendapatkan sapi hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.