Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Digusur, Warga Kompleks Dwikora Berunjuk Rasa

Kompas.com - 30/11/2012, 15:56 WIB
Noory Okthariza

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Warga kompleks TNI AU Dwikora, Cilangkap, Tapos, Depok, menggelar unjuk rasa penolakan penggusuran paksa rumah mereka sambil menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar". Aksi ini bersamaan dengan kedatangan sejumlah anggota TNI ke kompleks perumahan sekitar pukul 12.00, Jumat (30/11/2012). Warga menilai, upaya paksa ini melanggar proses hukum yang sedang berlangsung.

Saat ini, gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur sudah dilayangkan warga dan masih menunggu jalannya persidangan ketiga. "Kalau sudah ada keputusan dari pengadilan, kami akan ikut perintah," kata Rohamah, salah satu demonstran yang juga istri pensiunan TNI AU yang sudah tinggal di kompleks sejak 1976.

Sementara Edeh, istri pensiunan yang sejak 1979 tinggal di kompleks itu, mengatakan, upaya pengosongan sudah dilakukan sejak 2005. Saat itu, warga sudah mengajukan gugatan ke pengadilan. Namun, upaya ini mentah di tengah jalan sampai tahun ini upaya gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali diajukan.

Dari sekitar 120 rumah yang ada di kompleks, sekitar 30 rumah sudah dicat biru, simbol warna TNI AU. Rumah ini sudah dikosongkan dan diambil alih untuk diberikan kepada prajurit yang masih aktif. Sebagian besar warga yang tinggal di kompleks adalah keluarga purnawirawan TNI AU. Kompleks yang dibangun sejak 1962 ini turun-temurun diserahkan kepada keluarga purnawirawan. Menurut pihak TNI, rumah hanya boleh diisi oleh prajurit milter TNI yang masih aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com