Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobos Palang Perlintasan, Pria Tewas Tertabrak Kereta

Kompas.com - 30/11/2012, 16:36 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kartono (39), pria asal Pekalongan, Jawa Tengah, tewas seketika akibat tertabrak kereta diesel di dekat pintu perlintasan kereta Jalan Tentara Pelajar, Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2012) siang. Kartono dengan sepeda motornya diduga menerobos palang perlintasan kereta yang sedang menutup.

"Dia dan beberapa kendaraan lain di posisi lawan arah (lalu lintas), kemudian kendaraan lain berhenti pas palangnya turun, tapi dia coba terobos dan keretanya muncul," kata Maman, penjual buah di pinggir rel, yang juga saksi mata, di lokasi kejadian.

Maman menuturkan, Kartono datang dari arah Pejompongan menuju Permata Hijau. Lokasi perlintasan rel di Jalan Tentara Pelajar sebenarnya khusus untuk lalu lintas dari arah Permata Hijau menuju Senayan. Namun, korban bersama pengendara sepeda motor lainnya mencoba melawan arah.

"Palang dari arah Permata Hijau sudah menutup. Sirene juga sudah berbunyi dan motor lain yang lawan arus sudah berhenti," kata Maman.

Akibat insiden itu, Kartono dan sepeda motornya langsung terseret kereta yang melaju dari arah Kebayoran Lama menuju Palmerah. Ia terseret sejauh lima meter, sedangkan sepeda motor Yamaha Vega R bernomor polisi B 6436 BXS yang dikendarainya terbawa hampir 50 meter.

Kepala Pos Polisi Permata Hijau Polsek Kebayoran Lama Aiptu Kasim mengatakan, peristiwa kecelakaan terjadi akibat dua pelanggaran sekaligus yang dilakukan korban, yakni melawan arus dan menerobos palang pintu perlintasan. "Kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Korban tewas di tempat," kata Kasim. Korban terluka pada bagian kepala dan kaki. Saat ini korban telah dikirim ke Rumah Sakit Fatmawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com