Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Rute Baru APTB Beroperasi

Kompas.com - 30/11/2012, 21:38 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengoperasikan rute baru angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta atau APTB, rute Poris Plawad-Daan Mogot, mulai Sabtu (1/12/2012). Rute ini merupakan perubahan dari rute sebelumnya yang lebih pendek, yaitu Poris Plawad-Kalideres.

Dinas Perhubungan mengubah rute ini untuk menarik penumpang lebih banyak. Jumlah penumpang pada rute sebelumnya dinilai belum maksimal karena masih menyisakan kursi kosong.

Rute APTB Poris Plawad-Daan Mogot melewati Rawa Buaya, ke arah Jalan S Parman, berputar di kolong Jalan Layang Tomang, menuju arah Central Park.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, rute APTB Poris Plawad-Daan Mogot akan terintegrasi dengan jalur transjakarta Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), Koridor III (Harmoni-Kalideres), dan Koridor VIII (Harmoni-Lebak Bulus).

"Sebelumnya, rute APTB Poris Plawad-Kalideres hanya bersinggungan dengan transjakarta di Koridor III," kata Pristono.

Pada Kamis (29/11/2012) Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kota Tangerang melakukan uji coba rute baru itu. Hasil uji coba, kata Pristono, sangat postif, tidak ada persoalan dalam operasional di lapangan. Rute baru itu rencananya akan dilayani 10 bus dari operator  Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Selain rute Poris Plawad-Kalideres, APTB juga beroperasi di rute Bekasi-Pulogebang dan Ciputat-Kota. Pengoperasian APTB untuk menjangkau penumpang yang tidak memiliki akses transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com