Kompas.com - 01/12/2012, 00:38 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati hari peduli AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember, Pemerintah kota Jakarta Barat akan me-launching Kartu Warga Peduli AIDS (WPA).

Kartu tersebut termasuk salah satu cara untuk mencapai getting to zero AIDS di wilayah Jakarta Barat.

"Hari AIDS-nya memang tanggal satu Desember, tetapi kita akan memperingatinya tanggal 20 Desember sekaligus launching kartu warga peduli AIDS," kata Sukarno, Wakil Wali Kota Jakarta Barat di Kantor Administrasi Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (30/11/2012).

Sukarno melanjutkan, kartu WPA ini akan diberikan kepada warga yang mengerti tentang penyakit HIV/AIDS. Gunanya untuk membangun jaringan serta menyebarluaskan informasi tentang penyakit HIV/AIDS.

Pemilik kartu WPA dapat menyampaikan kepada temen-temannya mengenai penyakit HIV/AIDS. Syarat untuk mendapatkan kartu WPA ini, kata Sukarno, warga harus memiliki KTP Jakarta barat, mengetahui penyakit HIV/AIDS, pernah mengikuti penyuluhan dan mengikuti sosialisasi penyakit HIV/AIDS.

Menurut Sukarno, penyebaran HIV AIDS di Jakarta Barat banyak yang berasal dari wanita pekerja seksual. Penyandang virus tersebut mayoritas berpendidikan rendah dan memiliki kebutuhan hidup yang cukup tinggi. Untuk itu mereka mencari uang dengan melakukan pekerjaan tersebut.

Sukarno melanjutkan, dengan tema perlindungan untuk perempuan dan anak menuju getting to zero HIV/AIDS, dinas kesehatan juga akan memberikan susu bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Seperti diberitakan sebelumnya, Jakarta Barat ditunjuk sebagai salah satu target ASEAN melalui kementerian untuk mencapai getting to zero HIV/AIDS. Target tersebut untuk bisa menekan penularan virus HIV/AIDS periode tahun 2012-2015.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X