Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakbar Akan Launching Kartu Warga Peduli Aids

Kompas.com - 01/12/2012, 00:38 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati hari peduli AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember, Pemerintah kota Jakarta Barat akan me-launching Kartu Warga Peduli AIDS (WPA).

Kartu tersebut termasuk salah satu cara untuk mencapai getting to zero AIDS di wilayah Jakarta Barat.

"Hari AIDS-nya memang tanggal satu Desember, tetapi kita akan memperingatinya tanggal 20 Desember sekaligus launching kartu warga peduli AIDS," kata Sukarno, Wakil Wali Kota Jakarta Barat di Kantor Administrasi Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (30/11/2012).

Sukarno melanjutkan, kartu WPA ini akan diberikan kepada warga yang mengerti tentang penyakit HIV/AIDS. Gunanya untuk membangun jaringan serta menyebarluaskan informasi tentang penyakit HIV/AIDS.

Pemilik kartu WPA dapat menyampaikan kepada temen-temannya mengenai penyakit HIV/AIDS. Syarat untuk mendapatkan kartu WPA ini, kata Sukarno, warga harus memiliki KTP Jakarta barat, mengetahui penyakit HIV/AIDS, pernah mengikuti penyuluhan dan mengikuti sosialisasi penyakit HIV/AIDS.

Menurut Sukarno, penyebaran HIV AIDS di Jakarta Barat banyak yang berasal dari wanita pekerja seksual. Penyandang virus tersebut mayoritas berpendidikan rendah dan memiliki kebutuhan hidup yang cukup tinggi. Untuk itu mereka mencari uang dengan melakukan pekerjaan tersebut.

Sukarno melanjutkan, dengan tema perlindungan untuk perempuan dan anak menuju getting to zero HIV/AIDS, dinas kesehatan juga akan memberikan susu bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Seperti diberitakan sebelumnya, Jakarta Barat ditunjuk sebagai salah satu target ASEAN melalui kementerian untuk mencapai getting to zero HIV/AIDS. Target tersebut untuk bisa menekan penularan virus HIV/AIDS periode tahun 2012-2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com