Kompas.com - 01/12/2012, 06:13 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 3.850 kasus curanmor kendaraan roda dua dan 688 kasus kendaraan roda empat tercatat dilaporkan ke wilayah hukum Polda Metro Jaya sepanjang tahun 2012.

Menurut AKPB Arie Ardian dari Subdit Ranmor Polda Metro Jaya, para pelaku kebanyakan memilih waktu menjelang pagi hari untuk beraksi.

"Kejadian paling banyak terjadi antara pukul 03.00-06.00 WIB," ujar Arie, Jumat (30/11/2012).

Berdasarkan data, dari 3.850 kasus ranmor roda dua yang terjadi, 872 di antaranya memang terjadi dalam kisaran waktu tersebut.

Hal yang sama juga terjadi pada kasus ranmor roda empat. Dari 688 kasus, 276 di antaranya terjadi menjelang pagi hari.

Selain menjelang pagi, pelaku ranmor roda dua juga acapkali menjalankan aksi antara pukul 18.00-21.00 WIB. Tercatat 735 kasus yang dilaporkan terjadi pada kisaran waktu tersebut. Namun, kasus ranmor roda empat yang dilaporkan justru hanya 40 kasus.

Waktu yang juga rawan terjadinya ranmor roda empat ialah pada pukul 00.00-03.00 pagi. Tercatat, ada 124 kasus ranmor roda empat dilaporkan terjadi pada sekitar tengah malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk modus tindakan ranmor, secara umum, modus menggunakan kunci palsu masih cukup tinggi. Tercatat 2.631 kasus ranmor roda dua dan 402 ranmor roda empat dengan modus kunci palsu masuk ke laporan polisi.

Penggunaan kekerasan juga tercatat cukup tinggi pada kasus ranmor roda dua, yaitu 142 kasus.

Selain menggunakan kunci palsu dan kekerasan, angka laporan pencurian dengan modus menggunakan beda keras untuk mencuri juga cukup sering dilaporkan.

Kasus ranmor roda dua dengan modus telah dilaporkan sebanyak 2.588 kali dan ranmor roda empat 374 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.