Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separator Busway di Jalan Panjang Ditinggikan

Kompas.com - 02/12/2012, 15:23 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peninggian separator busway sudah mulai dilaksanakan di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Peninggian tersebut dilakukan untuk mengurangi pengguna jalan lain masuk ke jalur transjakarta.

"Peninggian ini sudah mulai dilakukan sekitar sepuluh hari yang lalu. Start-nya dari perempatan Pos Pengumben," kata Fahrul, petugas transjakarta di shelter busway Kelapa Dua Sasak, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (2/12/2012).

Fahrul menjelaskan, peninggian separator ini baru selesai sampai daerah Kebon Jeruk. Jalan yang akan ditinggikan merupakan jalan yang awalnya sudah ada separator yang lebih pendek dari yang sekarang.

"Kalau jalan yang dicat kemungkinan enggak akan ditinggikan. Soalnya jalannya tidak besar, jadi kemungkinan transjakarta enggak bisa masuk," ungkapnya.

Selain itu, selama sepuluh hari terakhir, masih ada pengguna jalan roda dua maupun roda empat yang melalui jalur busway. Hal ini karena operasi buka tutup jalan belum dimulai oleh petugas jalur nantinya.

Ia mengungkapkan, nantinya setiap persimpangan akan terdapat portal yang dijaga oleh petugas satpol PP. Namun karena peninggian belum selesai, maka penjagaan juga belum diperketat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menjelaskan peninggian separator busway ini bertujuan untuk menyeterilkan jalur khusus transjakarta itu. Jalur busway yang ditinggikan separatornya adalah Koridor II, III, V, VI, dan VIII.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com