Kompas.com - 03/12/2012, 15:19 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Commuter Electronic Tickect (Commet), tiket berlangganan yang selama ini menjadi andalan penumpang KRL, tidak berlaku lagi mulai Senin ini. PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai operator KRL akan mulai menerapkan sistem baru yang berbasis sistem potong pulsa.

"Kalau dengan sistem lama (Commet), pelanggan harus mengisi ulang atau melakukan pembayaran tiap awal bulan. Itu tidak perlu dilakukan lagi dengan sistem potong saldo," jelas Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/12/2012).

Dengan sistem baru, pelanggan bisa melakukan pembelian sesuai dengan jumlah yang diinginkan, tidak hanya terbatas pada perjalanan selama sebulan.

"Sistem potong pulsa memungkinkan pengguna KRL untuk melakukan pengisian, misalnya, sampai Rp 200.000 atau lebih. Jadi, bisa di top-up sekali untuk perjalanan beberapa bulan ke depan," kata Eva.

Sistem baru tersebut akan diterapkan mulai awal 2013. Keuntungan lain dari sistem tersebut adalah bila pelanggan tidak melakukan perjalanan dengan KRL, maka tidak ada pemotongan pada pulsa yang telah diisi.

Ini berbeda dengan sistem Commet. Pada sistem lama, hari-hari perjalanan yang tidak digunakan tetap terhitung.

"Dalam sistem lama, kalau tidak dipakai untuk perjalanan beberapa hari dalam sebulan, hitungannya tetap hangus karena paketnya untuk sebulan. Kalau sistem baru, hari-hari yang tidak dipakai ya tidak dihitung," papar Eva.

Ia menjelaskan, tidak ada pelanggan kartu Commet yang perlu diberikan kompensasi atas pergantian sistem ini. Pasalnya, pemberhentian sistem lama dilakukan tepat pada waktu pengisian ulang di awal bulan.

Ditambahkan Eva, sejak mulai diberlakukan pada Februari 2012, jumlah pengguna Commet mencapai 19.127 orang. Namun, dari jumlah tersebut yang masih aktif melakukan pengisian ulang pada awal November tinggal 11.865 orang.

Rincian pengguna kartu yang masih aktif selama November, untuk lintasan Depok sebanyak 4.400 orang, lintasan Bogor sebanyak 3.993 orang, lintas Bekasi 1.778 orang, lintasan Serpong sebanyak 812 orang, dan Kartu Langganan Sekolah (KLS) 882 orang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.