Kompas.com - 03/12/2012, 17:44 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai hari ini menghentikan layanan Commuter Electronic Ticket (Commet). Penghentian sistem tiket berlangganan ini disebutkan untuk memulai sistem e-ticketing yang terintegrasi dengan moda transportasi lain pada 2013.

"Penghentian kartu Commet akan digantikan dengan sistem potong saldo. Sistem ini akan menjadi awal dalam rencana interkoneksi antarmoda, termasuk dalam e-ticket," terang Eva Chairunisa, Manajer Komunikasi PT KCJ saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (3/11/2012).

Eva menjelaskan, pembicaraan tentang sistem terpadu sudah lama dibicarakan, baik dengan instansi pemerintahan maupun dengan operator moda transportasi lain. Meskipun belum ada kepastian waktu realisasi program e-ticketing terpadu, Eva menjelaskan, KCJ ingin merintis sistem yang akan dengan mudah diintegrasikan dengan program tersebut.

"Kita akan memulai lebih dahulu. Sistemnya nanti tinggal diintegrasikan bila program interkoneksi antarmoda direalisasikan," kata Eva.

Sistem potong saldo memiliki dua keuntungan dibandingkan sistem sebelumnya. Selain pengisiannya tak terbatas untuk periode per bulan, pemotongan saldo akan terjadi bila pengguna melakukan perjalanan.

Ini berbeda dengan Commet yang hanya berlaku per bulan. Setelahnya, pengguna harus mengisi ulang untuk periode satu bulan berikutnya. Kekurangan lain, entah digunakan atau tidak, tiket Commet dihitung terpakai untuk sebulan.

Ini berbeda dengan sistem baru, saldo yang diisi akan terpotong saat pengguna melakukan perjalanan. Sistem baru akan mulai diberlakukan pada awal 2013. Sistem tiket ini diharapkan akan lebih diminati dibandingkan sistem Commet.

"Kami yakin penggunanya akan lebih banyak. Pada intinya, kebanyakan pengguna jasa KRL tidak mau antri berlama-lama di depan loket," pungkas Eva optimis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.