Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Perkuat Transportasi Bus

Kompas.com - 05/12/2012, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengintegrasikan bus ukuran sedang dengan transjakarta per Januari 2013. Integrasi mulai berjalan di trayek Ragunan-Kuningan dan Ragunan-Grogol. Penataan itu dilakukan agar volume penumpang angkutan publik meningkat.

”Penataan angkutan umum mendesak dilakukan. Kami sedang menyiapkan terobosan untuk merevitalisasi angkutan agar lebih nyaman, aman, dan beroperasi dalam manajemen yang baik. Januari 2013, bus ukuran sedang bisa masuk ke lajur bus transjakarta dengan sejumlah syarat,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, Selasa (4/12), di Jakarta.

Syarat yang dimaksud adalah penyesuaian fisik bus yang memiliki dek setinggi 110 sentimeter sesuai dengan halte bus transjakarta. Penyesuaian berikutnya penerapan tarif tiket yang bisa dipakai untuk dua moda angkutan sekaligus.

”Nanti, penumpang cukup bayar Rp 5.000 per orang bisa dipakai naik bus ukuran sedang dan transjakarta,” katanya.

Saat ini, belum banyak armada dan perusahaan yang siap. Sambil menunggu waktu peluncuran, Pemprov DKI meminta pengelola bus ukuran sedang menyiapkan penyesuaian fisik dan manajemen yang baik.

”Bus yang dapat berintegrasi adalah bus yang dikelola dengan manajemen sehat. Indikatornya perusahaan pengelola bus umum memiliki sarana perbengkelan, garasi, dan seragam sopir,” katanya.

Pristono mengharapkan integrasi itu mampu meningkatkan kesejahteraan sopir yang selama ini kerja dengan sistem setoran. Dengan demikian, sopir bus ukuran sedang nantinya dapat bekerja dengan sistem gaji seperti sopir bus transjakarta.

”Waktu peresmian integrasi bus ukuran sedang itu kami gelar bersamaan dengan peluncuran transjakarta Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok),” katanya menjelaskan.

Standar operasional

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar sedang menyiapkan prosedur standar operasional dan mekanisme pengawasan integrasi bus umum. Menurut Akbar, pelayanan dan pengawasan bus ukuran sedang yang terintegrasi dengan jalur transjakarta harus sama. Hal ini untuk menjaga kenyamanan pengguna angkutan publik itu.

”Penggunaan angkutan ini harus memakai tiket seperti bus transjakarta. Integrasi bus umum akan bersinggungan dengan jaringan bus transjakarta Koridor I (Blok M-Kota) dan koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas),” katanya.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kata Akbar, saat ini memperbesar kapasitas halte transjakarta. Paling tidak menjadi dua kali lipat dari ukuran saat ini.

”Saat ini saja, kondisi halte sering dipadati penumpang, apalagi nanti jika ada integrasi bus umum,” kata Akbar.

Dia berharap jaringan transportasi publik di Jakarta semakin lancar. Sebab, konsentrasi angkutan umum lebih banyak di lajur bus transjakarta.

Memperbaiki manajemen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com