Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separator Busway Model Baru di Mampang

Kompas.com - 07/12/2012, 11:40 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perbaikan sarana dan prasarana bus transjakarta terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Di koridor Mampang-Warung Buncit, Jakarta Selatan, misalnya, tengah ada proyek perbaikan dan perubahan fisik separator bus transjakarta.

Separator berwarna kuning menyala setinggi sekitar 30-40 sentimeter telah dipasang berjajar menggantikan separator lama yang hanya setinggi kurang dari 20 cm dan telah pudar warnanya.

"Wah, iya baru, susah nerobosnya," kata Anggara, pengendara sepeda motor yang ditemui di salah satu minimarket di Mampang, Jumat siang ini.

Beberapa petugas polisi lalu lintas sibuk mengarahkan pengendara yang telanjur menerobos agar keluar dari celah-celah separator yang belum diganti. Namun, tampak bus-bus umum masih saja mengebut dan menerobos seenaknya.

Di Mampang ini juga tampak sedang dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO). "Proyek peningkatan JPO," demikian tertulis di lokasi proyek. Seperti diketahui, di Mampang, sekitar dua tahun terakhir telah terjadi dua kali kecelakaan lalu lintas melibatkan bus transjakarta dan penyeberang jalan. Dalam dua peristiwa itu, ada dua korban meninggal.

Pengamat transportasi, Darmaningtyas, sebelumnya mengatakan bahwa kecelakaan tidak semata kesalahan pengemudi bus transjakarta. "Masyarakat enggan menggunakan fasilitas umum seperti JPO, padahal itu demi keselamatan sendiri. Namun, bahwa fasilitas JPO dirasa kurang banyak, mungkin juga mempengaruhi perilaku masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com