Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorong-gorong Tertutup Akibatkan Luapan Kali Baru

Kompas.com - 10/12/2012, 16:02 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir kiriman dari Bogor yang kerap kali datangi Jakarta masih menjadi persoalan yang pelik, khususnya bagi masyarakat sekitar Pusat Grosir Cililitan (PGC). Perilaku buang sampah sembarangan dan pemeliharaan saluran air Kali Baru selama ini terkendala karena tertutupnya gorong-gorong yang ada di bawah Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

Hal ini diduga menjadi penyebab tidak berfungsinya secara optimal gorong-gorong tersebut. Air dari Kali Baru yang meluap pun menyebabkan sejumlah pemukiman di sekitar Kali Baru dilanda banjir.

"Saya mengetahui ada warga yang mengeluhkan luapan kali baru, karena itu kita akan melakukan upaya agar keluhan warga itu dapat ditindaklanjuti," kata Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Timur Suhartono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/12/2012) malam.

Ia memaparkan, selama ini perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan juga mengakibatkan aliran air menjadi tersendat. Sementara, pemeliharaan gorong-gorong yang terdapat di bawah PGC agak sulit dilakukan. Sebab, letaknya di bawah gedung sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat karena harus manual. Tapi karena gorong-gorong tersebut tertutup, petugas pun kesulitan untuk melakukan pembersihan.

Sesuai ketentuan awal saat PGC dibangun, kata dia, gorong-gorong tersebut tidak diperkenankan untuk ditutup. Surat yang sudah dikirimkan kepada pihak PGC belum dikonfirmasi.

"Kami mengirimkan surat yang isinya agar PGC segera membuka gorong-gorong tersebut untuk kami bersihkan, atau pihak PGC harus rutin membersihkannya sendiri," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Manager Building Pusat Grosir Cililitan (PGC) Akub Sudarsa mengatakan bahwa gorong-gorong itu tidak sulit dibuka.

"Bahkan sudah ada dua penutupnya yang kami buka. Kami juga rutin melakukan pembersihan," kata Akub.

Menurutnya, jika pihak Sudin PU Tata Air ingin melakukan pemeliharaan, kapan saja penutup gorong-gorong tersebut dapat dibongkar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com