Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Menumpuk di Kali Pesanggrahan Pos Pengumben Lama

Kompas.com - 11/12/2012, 14:55 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliran air di Kali Pesanggrahan yang melewati Pos Pengumben Lama RT 004 RW 05 Pos Pengumben, Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersendat tumpukan sampah sterofoam setebal satu meter. Sampah tersebut merupakan sampah kiriman setelah banjir kiriman kembali mendatangi warga Pos Pengumben Lama.

"Kalau habis banjir sampah memang menumpuk seperti ini. Ini kan sampah kiriman dari banjir kiriman. Kemarin sudah dibersihkan tapi kalau banjir datang, sampahnya juga datang lagi," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sumber Daya Air Suku Dina PU Tata Air Jakarta Barat, Nurhadi di Pos Pengumben, Selasa (11/12/2012).

Nurhadi mengatakan, sebenarnya Kali Pesanggrahan merupakan wewenang Kementerian PU. Tetapi karena sampah ada di wilayah Jakarta Barat, jadi Dinas PU Tata Air Jakbar hanya bisa melakukan pembenahan sampah di kali sesuai kemampuan yang ada.

Untuk mengurangi sampah tersebut, kata Nurhadi, Suku Dinas PU Tata Air menurunkan delapan orang pekerja agar bisa mengurangi tumpukan sampah. Dia juga meminta warga untuk menyadari kebersihan dan bisa membuang sampah pada tempatnya.

Nurhadi mengatakan, Jakarta Barat merupakan wilayah paling parah yang bisa tergenang sampah di saluran airnya. Hampir seluruh kolong jembatan jalan yang dialiri kali tertutup oleh sampah hasil rumahan masyarakat.

Dari pantauan Kompas.com, tumpukan sampah yang menutupi kali tersebut berupa sterofoam, bantal, batang kayu besar, sampah rumahan, dan berbagai macam sampah lainnya. Banyak warga yang berhenti sejenak di pinggiran jembatan tersebut untuk melihat kondisi kali yang ditumpuki sampah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com