Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Saya Merokok sejak SD...

Kompas.com - 11/12/2012, 15:06 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku mulai merokok sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Hal itu ia ungkapkan saat rapat bersama Koalisi Masyarakat Anti Asap Rokok di Balaikota Jakarta

Para peserta rapat yang terdiri dari sejumlah LSM seketika terdiam dengan pengakuan mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, Basuki baru saja mengeluarkan ancaman tegas untuk para perokok di Jakarta.

Meski tak menyebutkan detail seberapa lama dirinya mengonsumsi rokok, Basuki mengaku telah berhenti merokok pada usia saat kuliah dan saat mulai bekerja. Lepasnya kebiasaan merokok juga sangat kebetulan karena ia mengalami sebuah insiden yang terbilang dapat membahayakan diri dan lingkungannya.

"Saya berhenti karena ranjang saya terbakar. Sejak itu, enggak merokok lagi. Ranjangnya besi, kasurnya kapuk. Padahal, sudah saya siram, kirain sudah selesai, tapi ternyata masih terbakar," kata Basuki, Selasa (11/12/2012).

Dalam kesempatan ini, Basuki juga mengaku terganggu dengan aktivitas para perokok. Karena dari pengalamannya, selama menjadi anggota Komisi II di parlemen, tak jarang sejumlah anggota dewan mengisap rokok di dalam kegiatan rapat.

Menurut Basuki, para penikmat rokok seharusnya cukup meracuni dirinya sendiri. Tak perlu menyulut rokok di area umum karena sangat mengganggu orang-orang yang tak merokok.

"Bapak saya perokok berat, tetapi sanksinya dia tanggung sendiri, di luar rumah sambil digigitin nyamuk," ujar Basuki disambut gelak tawa hadirin di ruang rapat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com