Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Pameran Crafina 2012

Kompas.com - 12/12/2012, 11:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebelum menghadiri pameran produk kreativitas usaha kecil menengah, Gubernur DKI Joko Widodo pagi ini, Rabu (12/12/2012), menerima tamu di Balaikota Jakarta. Sekitar pukul 10.30, Jokowi langsung berangkat menuju Pameran Crafina dengan menggunakan setelan batik berwarna cokelat.

Berdasarkan info yang dihimpun Kompas.com, undangan Jokowi ke Pameran Crafina 2012 adalah untuk memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pameran Crafina 2012. Selain Jokowi, tampak hadir pula Wali kota Jakarta Pusat, Saefullah; Ketua umum Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft (ASEPHI), Rudi Lengkong; Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Gusmardi Bustami; dan duta besar dari beberapa negara sahabat.

Sebelum Jokowi meresmikan Pameran Crafina 2012, Ketua Umum Asosiasi Produsen dan Eksportir Handicraft Indonesia atau ASEPHI, Rudi Lengkong, memberikan sambutan di dalam pameran yang sudah lima kali digelar. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah "From Natural Resources to Creative Productive For Lifestyle".

"Pameran Inacraft dengan Crafina tidak berbeda jauh. Inacraft berwawasan internasional dan Crafina didasarkan pada sumber-sumber daya yang ada. Kerajinan made in Indonesia pantas menjadi gaya hidup dan life style bagi masyarakat Indonesia," kata Rudi, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Selain itu, produk-produk Crafina ini, selain akan dipamerkan dan dijual di pameran tersebut, juga akan memasuki ranah mal-mal Ibu Kota. "Mal-mal yang kami masuki adalah Plaza Bintaro, Mal Taman Anggrek, Mal Puri Indah, dan Summarecon Serpong. Kami mau perajin juga mengenal mal-mal ini, jangan hanya keluar negeri," katanya.

Rudi juga mengharapkan agar Pemerintah Provinsi DKI dapat memberikan perhatian besar kepada para perajin usaha kecil dan menegah. "Kami, ASEPHI, bersedia membawahi mereka (perajin), tolonglah mereka ini diperhatikan bersama dan membantu sepenuhnya, asal untuk pengusaha kecil menengah pasti dibantu," kata Rudi.

Selanjutnya, Jokowi dengan resmi membuka Pameran Crafina 2012. "Dengan mengucap bismillah, Pameran Crafina 2012 resmi saya buka," kata Jokowi dengan memukul kentongan lodong andong sebagai tanda pameran itu resmi dibuka.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara ASEPHI dan perwakilan negara sahabat, di antaranya Thailand dan Uni Emirat Arab. Pameran diikuti oleh sekitar 450 perusahaan dimeriahkan oleh tarian tradisional Lodong Andong.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com