Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Beli Batik Khas Betawi di Pameran Crafina Rp 200.000

Kompas.com - 12/12/2012, 13:47 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meresmikan pameran Crafina 2012 di Jakarta Convention Center, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memiliki kesempatan untuk berkeliling melihat pameran yang memamerkan produk-produk kreatif hasil produksi perajin Usaha Kecil Menengah (UKM). Selama kurang lebih 45 menit, Jokowi berkeliling dan melihat-lihat stan, akhirnya dia tertarik untuk menghampiri sebuah stan dan membeli batik khas Betawi. Jokowi membeli baju batik Pitung berwarna merah dalam Pameran Crafina ke-5.

Sebelum dia berhasil mendapatkan batik yang diinginkan, Jokowi terus ditawari oleh para pedagang-pedagang untuk membeli barang dagangan mereka, namun tampaknya hanya batik Betawi yang memikat hati Jokowi. Di ujung sudut pameran itu berdiri satu stan kecil bernama Rumah Betawi milik Ema Damayanti. Jokowi langsung menuju stan tersebut dan memilih kemeja bercorak Betawi.

Setelah melihat-lihat selama beberapa menit, Jokowi pun menjatuhkan pilihannya pada kemeja batik lengan pendek warna merah dengan corak batik Si Pitung, pahlawan lengendaris Betawi. Tanpa tawa menawar, dia langsung membeli satu stel batik seharga Rp 200.000. Ajudan Jokowi pun langsung membayarkan setelan batik tersebut.

"Enggak, tadi enggak nawar. Karena memang harganya segitu," kata pedagang batik itu, di JCC, Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Selain batik merah corak si Pitung, dari Pameran Crafina 2012, Jokowi juga mendapatkan hadiah sangkar burung dari seorang warga kebangsaan Perancis yang juga membuka stan di Crafina 2012. Jokowi juga mendapat satu paket cokelat khas Betawi dari Sanggar Betawi.

"Pak, ini cokelat asli Betawi. Ini ada si Pitungnya, di belakangnya ada keterangan sejarah Betawi nya juga. Kami juga membuka outlet di Museum Fatahillah, makanan Jakarta lainnya juga ada, Pak," kata salah seorang pedagang cokelat yang memakai baju khas Betawi sambil memberikan tiga batang cokelat kepada Jokowi. Jokowi pun menerimanya dengan senang hati.

"Ya.. Ya.. Yaa.. Terima kasih ya," kata Jokowi.

Di Pameran Crafina 2012, beberapa stan yang dihampiri Jokowi antara lain Batik Eva Collection, Batik Rasya, Batik Madura, Kesenian Kupang, Batik Jawa, Dinas Pertambangan dan Energi Banten, Kerajinan Batik 3D Madura, Home Industri Wahid, Galeri Benang, As Java Leather, Kesenian Sumatera Utara, Kesenian Deli Serdang, HS Silver Yogyakarta, Batik Cirebon, stan Jaket Kulit, Batik Cempaka Solo, dan Rumah Betawi.

Berdasarkan info yang dihimpun Kompas.com, undangan Jokowi ke Pameran Crafina 2012 adalah untuk memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pameran Crafina 2012. Namun, Jokowi urung memberikan sambutannya dan hanya meresmikan Pameran Crafina 2012.

Selain Jokowi, tampak hadir pula Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah; Ketua umum Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft (ASEPHI), Rudi Lengkong; Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Gusmardi Bustami; dan Ambassadors dari beberapa negara sahabat.

Ketua Umum ASEPHI, Rudi Lengkong memberikan sambutan di pameran yang sudah lima kali digelar itu. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah 'From Natural Resources to Creative Productive For Lifestyle'. Selain itu, produk-produk Crafina ini, selain akan dipamerkan dan dijual di pameran tersebut, juga akan memasuki ranah mal-mal Ibu Kota.

"Mal-mal yang kami masuki adalah Plaza Bintaro, Mal Taman Anggrek, Mal Puri Indah, dan Summarecon Serpong. Kami mau pengrajin juga mengenal mal-mal ini, jangan hanya keluar negeri saja," katanya.

Rudi juga mengharapkan agar Pemerintah Provinsi DKI dapat memberikan perhatian besar kepada para pengrajin usaha kecil dan menegah. "Kami, ASEPHI bersedia membawahi mereka (pengrajin), tolonglah mereka ini diperhatikan bersama dan membantu sepenuhnya, asal untuk pengusaha kecil menengah pasti dibantu," kata Rudi.

Setelah Jokowi meresmikan pameran itu, acara dilanjutkan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara ASEPHI dan perwakilan negara sahabat, seperti Thailand dan Uni Emirat Arab. Pameran yang diselenggarakan mulai dari 12-16 Desember 2012, itu turut dimeriahkan oleh tarian tradisional Lodong Andong.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com