Kompas.com - 13/12/2012, 09:53 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Perselisihan antara eksekutif dan legislatif di Provinsi DKI Jakarta mulai mencair. Tandanya adalah saat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan menandatangani Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) DKI 2013 pada akhir pekan lalu. Selanjutnya, Pemprov DKI tengah menyiapkan momentum 100 hari di era kepemimpinan Jakarta Baru. Sejumlah program unggulan telah mulai dijalankan dan siap memberi gebrakan di hari yang telanjur disakralkan oleh masyarakat secara umum.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, selain evaluasi pada sejumlah program yang telah berjalan, dia juga menunggu respons seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setelah APBD 2013 disahkan. Seperti diketahui, dengan alasan menghemat anggaran, mulai tahun depan, batas atas (plafon) anggaran semua SKPD di DKI Jakarta dipangkas mulai dari 25 persen sampai 28 persen. Pemangkasan bukan pada jumlah anggaran yang dibutuhkan, melainkan dibatasi hanya sesuai harga yang dibutuhkan.

Misalnya, di era sebelumnya, bila kebutuhan sebuah proyek mencapai Rp 75 juta, anggaran yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 100 juta. Namun, saat ini, hal itu tak berlaku. Anggaran dikeluarkan sesuai dengan nilai sebuah proyek. Bila tak menemui kendala, Pemprov DKI akan menyerahkan rancangan APBD kepada DPRD untuk dibahas dan diserahkan kepada Menteri Dalam Negeri pada 28 Desember nanti.

"Soal program, kami sudah sampaikan, termasuk saat kami kesal ya kami sampaikan apa adanya. Cuma kami mau lihat respons SKPD setelah APBD diketuk palu (disahkan)," kata Basuki, Kamis (13/12/2012).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, semakin hari, kinerja pegawai (PNS) semakin baik. Hal itu tampak dari laporan yang diterimanya melalui pesan singkat (SMS) atau berdasarkan pandangan matanya. "PNS yang ingin ada pembaruan sangat banyak di sini. Setelah anggaran disahkan, kinerja tahun depan kan bisa kelihatan," ujarnya.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.