Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tiga Tahun Jadi Sales, Sudah Biasa "Blusukan"

Kompas.com - 13/12/2012, 12:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo tidak merasa kesulitan keluar masuk kampung selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia mengaku sudah biasa melakukannya selama tiga tahun saat menjadi sales.

Dengan pengalamannya sebagai sales, Jokowi tak sungkan atau gengsi mengetuk langsung pintu warganya. Malah, dengan door to door, dia bisa mengetahui kondisi warga Jakarta yang berada di daerah "bermasalah".

"Tiga puluh tahun saya pernah menjadi sales. Jadi, saya sudah terbiasa dari pintu ke pintu (blusukan)," kata Jokowi saat menerima penghargaan sebagai Marketeer of the Year untuk kategori Government 2012 di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

"Dengan personal branding yang dibangun, setelah Jokowi-nya dikemas dengan kotak-kotak, kalau yang lainnya menjualnya di dalam ruangan dan di panggung, kalau Jokowi, dijualnya langsung di lapangan, ke kampung-kampung," tutur Jokowi, disambut tawa dan tepuk tangan para hadirin.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengaku banyak belajar dari Founder and CEO Markplus, inc Hermawan Kartajaya, mengenai masalah produk, positioning, personal brand, dan promosi. Ilmu itu kemudian diterapkannya di dunia politik.

Hal ini bisa dilihat dari branding kemeja kotak-kotak Jokowi yang digunakannya bersama Basuki Tjahaja Purnama saat Pilkada DKI Jakarta. "Akhirnya, dari awal sampai akhir, saya melakukan itu, mulai dari positioning, membangun menggunakan kotak-kotak, diferensiasi, dan dibangun personal brand, image, dan persepsi yang ada di masyarakat," tutur Jokowi.

Jokowi menerima penghargaan tersebut didampingi Menteri BUMN Dahlan Iskan. Selain Jokowi, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menerima penghargaan sebagai Marketeers of the Year 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com