Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Kali Jebol, Sepasang Suami Istri Hanyut

Kompas.com - 13/12/2012, 15:26 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul yang menghubungkan perbatasan Kali Adem dan Kali Asin yang terletak di Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (13/12/2012) sekitar pukul 10.00 WIB, jebol. Diduga, tanggul tersebut jebol akibat tak mampu menahan beban volume air yang meningkat akibat rob atau air pasang dari permukaan air laut.

Dalam peristiwa tersebut sepasang suami istri warga RW 01 yang tinggal di gubuk dekat pinggiran kali persis di dekat tanggul sempat terhanyut terbawa arus. Beruntung kejadian tersebut tidak membahayakan keselamatan nyawa kedua pasangan suami istri yang bernama Dodi (55) dan Purwanti (54) tersebut.

Dodi, suami Purwanti menceritakan, kejadian tersebut berawal ketika dia dan sang istri tengah berada di rumah panggung milik mereka. Tak disangka ketika dirinya dan sang istri masuk ke rumah lantas tanggul pun tiba-tiba jebol. "Saya lagi di rumah panggung saya dekat tanggul, enggak tahunya ambles rumah panggung saya," kata Dodi, kepada wartawan, Kamis (13/12/2012) di lokasi kejadian.

Tak ayal mereka berdua pun jatuh dan langsung terbawa arus yang tengah deras saat itu. Keduanya pun sampai terseret sekitar 10 meter sampai masuk di bawah kolong jembatan tak jauh dari tanggul. "Akhirnya saya sama istri kebawa air sampai ke kolong jembatan," ujar Dodi.

Demi keselamatan Istrinya, pria tersebut sampai harus memanggul sang istri sambil menahan kencangnya arus air. Sementara sang istri pun berteriak meminta tolong. Beberapa tukang becak yang berada di lokasi dan mengetahui kejadian tersebut sontak menolong keduanya.

"Yang nolongin ada tukang-tukang becak, ditolong pakai bambu diangkat. Istri saya sempat teriak minta tolong, istri saya yang minta tolong, saya lagi berusaha ngelawan arus sambil gendong istri, arusnya kan gede," kata Dodi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, puluhan pekerja tampak tengah memperbaiki tanggul dengan menahan menggunakan karung. Saat ini tanggul tersebut sudah berhasil diperbaiki sementara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com