Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Kali Adem-Kali Asin Jebol, Dua RW Terendam

Kompas.com - 13/12/2012, 15:42 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume air yang meningkat akibat rob mengakibatkan tanggul yang berada di perbatasan Kali Adem dan Kali Asin, di wilayah Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara jebol pada Kamis (13/12/2012) sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi. Alhasil, tanggul tersebut jebol dan air merendam permukiman warga.

Lurah Pluit, Tahta Yujang mengatakan, jebolnya tanggul pada perbatasan dua kali itu mengakibatkan 23 RT yang terletak di dua RW, yakni RW 01 dan RW 11 terendam air dengan ketinggian bervariasi.

Menurut Tahta Yujang, jumlah rumah yang terendam dalam peristiwa tersebut kurang lebih 500 rumah dengan 500 KK atau sekitar 1.500 jiwa. Namun menurut Tahta, ketinggian air yang ada tidak mengancam keselamatan warga sehingga tidak perlu dilakukan evakuasi. Pasalnya, ketinggian genangan air ini masih tergolong rendah sehingga tidak memerlukan upaya evakuasi warga.

"Aktivitas masih berjalan normal. Tak ada korban juga, jadi kami rasa tak perlu dilakukan evakuasi," ujar Tahta, kepada wartawan, Kamis.

Menurut Tahya, sampai saat ini upaya perbaikan tanggul jebol itu masih ditangani dengan melakukan sejumlah perbaikan. Puluhan petugas juga sudah dikirimkan untuk membetulkan dan membendung tanggul yang jebol dengan karung pasir.

"Kami juga kerahkan petugas puskesmas untuk siaga. Tadi ada warga yang luka luka akibat tanggul jebol ini," ujar Tahta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, puluhan petugas masih sibuk membetulkan tanggul yang jebol. Beberapa juga tengah sibuk mengamankan barang barang mereka yang terendam air. Di lokasi kejadian juga masih dipenuhi warga yang berdiri di atas jembatan melihat proses perbaikan tanggul tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com