Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Belum Tahu Tanggul Muara Angke Jebol

Kompas.com - 13/12/2012, 20:00 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya volume air akibat rob mengakibatkan tanggul di perbatasan Kali Adem dan Kali Asin di wilayah Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, jebol pada Kamis (13/12/2012) sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibat jebolnya tanggul tersebut, sepasang suami istri bernama Dodi (55) dan Purwanti (54), warga RW 01 yang tinggal di gubuk pinggir kali dekat tanggul, sempat terhanyut terbawa arus. Untunglah keduanya selamat. Selain itu, air yang keluar melalui lokasi jebolnya tanggul merendam permukiman warga sekitar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku masih belum mengetahui adanya peristiwa tersebut. "Enggak tahu. Belum tahu, saya tuh justru sering tahunya dari teman-teman wartawan," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis malam.

Menurutnya, pengerjaan dan perbaikan tanggul yang jebol memerlukan waktu yang panjang dan membutuhkan proses. Prioritasnya saat ini adalah pengerjaan tiga kali yaitu Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS). "Ini kan menyangkut proses jangka tengah, jangka panjang. Kalau yang dikerjain saat ini dan 2013 itu ada tiga, kali PAS," kata Jokowi.

Melalui pengerjaan tiga kali tersebut, Jokowi meyakini dapat mengurangi 12 sampai 15 titik rawan banjir. Setelah pengerjaan tiga kali itu selesai, kemudian akan lanjut kepada pengerjaan kali-kali berikutnya. "Kita ada tahapan-tahapan seperti itu. Ini proses. Tetapi setiap tahun titik-titik sebagai titik banjir DKI akan kelihatan dan terkurangi. Kalau sekarang masih ada 68 titik rawan banjir. Nanti tiap tahun terkurangi," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com