Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Jebol, Demonstran Perangkat Desa Masuki Halaman DPR

Kompas.com - 14/12/2012, 09:21 WIB
Sabrina Asril

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com — Massa dari elemen perangkat desa seluruh Indonesia masih terus memadati halaman luar Gedung Kompleks Parlemen Senayan pada Jumat (14/12/2012) pagi ini. Ratusan orang di antaranya bahkan sudah memasuki halaman gedung perwakilan rakyat ini.

Pantauan Kompas.com, massa dari Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PPDI) memasuki setengah halaman di depan kolam air mancur gedung parlemen. Barikade kawat berduri sudah disiapkan aparat kepolisian. Massa pun hanya bisa berdiri di balik kawat berduri itu. Terlihat pula pagar setinggi 2 meter yang sudah dirobohkan demonstran.

Sementara itu, aparat kepolisian yang tampak masih kalah dalam jumlah bersiaga dengan menggunakan perangkat antisipasi huru-hara persis di depan barikade. Kendaraan taktis kepolisian seperti water cannon juga sudah disiagakan.

Tampak di lapangan belasan perangkat desa tengah mempersiapkan bertemu dengan pimpinan DPR. Selain itu, tampak juga Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) Hercules.

Kapolsek Tanah Abang Ajun Komisaris Besar Suyudi menuturkan bahwa ada 104 personel kepolisian yang disiagakan. Selain itu, juga ada 287 personel TNI yang bersiap di balik barikade polisi. "Totalnya ada 391 personel," imbuh Suyudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com