Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet Total, Hindari Senayan dan Sekitarnya

Kompas.com - 14/12/2012, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa dari ribuan demonstran yang berasal dari Perhimpunan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/12/2012), menyebabkan kemacetan parah di sekitar Gedung DPR/MPR RI.

Selain kemacetan dari arah Semanggi menuju Slipi, Jakarta Barat, pantauan pada pukul 09.00 WIB, kemacetan juga melebar hingga kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan, hingga ke daerah Palmerah, Slipi dan Grogol. Jalur Asia Afrika yang tak lebih dari dua kilometer harus ditempuh dalam waktu hampir satu jam dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Jalur lurus ke arah Hotel Mulia Senayan dari arah Senayan City di Jalan Asia Afrika pun ditutup bagi kendaraan roda empat. Mobil-mobil dipaksa berbelok ke arah pintu satu Senayan, menuju Jalan Jenderal Sudirman. Sementara kemacetan parah telah terjadi di kawasan depan Hotel Mulia, seberang patung Panahan, Senayan.

Lintasan ke arah Kantor TVRI di Jalan Gerbang Pemuda dipenuhi kendaraan yang tidak dapat bergerak. Demikan pula dari arah Hotel Mulia ke belakang Gedung DPR, hingga pintu perlintasan kereta api Palmerah. Jalur jalan dua arah di belakang DPR ditutup menjadi satu arah ke arah Palmerah.

Ekor dari kemacetan ini pun terlihat di kawasan arteri Permata Hijau, baik yang ke arah Pondok Indah, maupun ke arah Slipi.

Hingga kini, aparat kepolisian memberlakukan pengalihan arus. "Mengingat bertambahnya jumlah massa dari elemen kades yang melaksanakan aksi penyampaian pendapat di depan Gedung DPR/MPR RI , maka disiapkan pengalihan arus," ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono dalam pesan singkat yang diterima wartawan.

Adapun pengalihan arus yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Arah Semanggi: Semanggi-Jl. Gerbang Pemuda-Jl. Gelora-Jl. Gelora 1/Jl. Palmerah Utara.
  2. Arah Jl. Sisingamangaraja/Jl. Sudirman: Jl. Asia Afrika/Jl. Pintu 1 Senayan-Jl. Asia Afrika-Jl. Gelora-Jl. Gelora 1/Jl. Palmerah Utara.
  3. Arah Jl. S. Parman: Jl. Pejompongan-Jl. Penjernihan/Jl. Gelora 1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com