Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tes Jalur Sepeda di Kanal Banjir Timur

Kompas.com - 16/12/2012, 12:10 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan jalur sepeda di trase kering Kanal Banjir Timur, Duren Sawit, Minggu (16/12/2012) pagi. Dalam peresmian jalur sepeda sepanjang 6,7 kilometer tersebut, Jokowi, sapaan akrabnya, melakukan tes jalur dengan menggunakan sepeda pribadinya.

"Telah dibuka tadi sudah dicoba jalur sepeda di Kanal Banjir Timur sejauh 6,7 kilometer, tapi di samping kanan-kiri tamannya perlu dipercantik dan diperindah," ujar Jokowi usai peresmian.

Menurut Jokowi, pembangunan KBT masih perlu disempurnakan. Jokowi mencontohkan penambahan jalur sepeda, penanaman pohon rimbun di tepi jalur sepeda serta penambahan ruang publik yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitasnya.

"Nanti akan ditambah jalur lagi sehingga kalau pohonya sudah tinggi feeder rider-nya sudah ada lagi. Public space sebanyak mungkin," ujarnya.

Menanggapi keterbatasan lahan yang ada di DKI Jakarta, Jokowi mengaku tak khawatir. Dengan anggaran yang ada, jika memungkinkan, pihaknya akan melakukan pembebasan lahan demi program penciptaan ruangan terbuka hijau.

Usai peresmian jalur sepeda yang digelar di trase kering KBT ruas Malaka Sari, Duren Sawit, Jokowi menjajal jalur sepeda tersebut ke arah pangkal KBT, yakni Cipinang, Jatinegara. Seperti biasa, aksi mantan Walikota Solo itu pun disambut antusias oleh warga yang tengah beraktifitas di area KBT.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun jalur sepeda sepanjang 6,7 kilometer. Jalur khusus sepeda itu dibangun dari trase kering Pondok Kopi hingga Jatinegara. Adapun sepanjang 1,4 kilometer diantaranya adalah program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dengan salah satu perusahaan swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com