Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPS Mati, Bandara Soekarno-Hatta Lumpuh

Kompas.com - 16/12/2012, 19:30 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (16/12/2012) lumpuh total. Kondisi tersebut terjadi karena Unit Power Supply atau UPS di bandara itu mati.

"Bukan listriknya yang mati, tapi UPS-nya," ujar Budi Hendra, Pelaksana Tugas General Manager ATS Bandara Soekarno-Hatta, saat dihubungi Kompas.com, Minggu malam.

Berdasarkan informasi, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.55 WIB. Matinya UPS tersebut mengakibatkan instalasi radar yang berguna mengatur komunikasi dengan pesawat yang mendarat dan lepas landas jadi terganggu.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab matinya pemasok listrik di bandara serta berapa lama lagi kondisi tersebut dapat diatasi. Namun, Budi melanjutkan, pihaknya tengah melakukan upaya agar kondisi penerbangan kembali stabil.

"Kami tengah upayakan. Ini ada orang dari Dirjen Perhubungan juga sudah datang, 10 menit lagi saya informasikan selengkapnya," ujarnya.

Sementara menurut Aris Hervendra, seorang penumpang pesawat menuju Bali, listrik di bandara internasional itu sempat padam. Pesawatnya pun mengalami penundaan. "Lampu mati sehingga pesawatnya delay. Tapi penumpang tidak diberi penjelasan ada apa," ucap Aris kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com