Kompas.com - 17/12/2012, 16:44 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 55 perusahaan di Jakarta mengajukan penangguhan upah minimum provinsi tahun 2013. Dari seluruh perusahaan itu, empat perusahaan kerjasama investor Korea dikabulkan penangguhannya. Perusahaan tersebut telah melengkapi syarat pengajuan penangguhan, salah satunya ada persetujuan dari serikat pekerja.

"Hingga hari ini, jumlah perusahaan yang mengajukan penangguhan ada 55, jumlahnya mungkin akan bertambah, saya belum mendapat informasi terakhir," tutur Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Deded Sukandar, Senin (17/12/2012) di Jakarta.

Bagi perusahaan yang disetujui penangguhannya, diberi kesempatan selama enam bulan. Tim dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan mengevaluasi proses penangguhan itu. Jika enam bulan belum mampu menerapkan UMP 2013, maka proses penangguhan diperpanjang enam bulan lagi.

"Selama proses penangguhan, perusahaan yang disetujui pengajuannya menggunakan dasar acuan kebutuhan hidup layak tahun 2012 senilai Rp 1,9 juta," tutur Deded. Selain mengajukan melalui surat resmi, pengusaha asal Korea mendatangi Dinas Tenaga Kerja DKI. Perwakilan mereka juga menghadap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa."Kami dapat memahami kesulitan mereka, apalagi serikat pekerjanya juga menyetujui," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.