Kompas.com - 17/12/2012, 21:11 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta mengabulkan permohonan penangguhan empat perusahaan yang menyatakan tidak sanggup membayar pegawai sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI 2013 sebesar Rp 2,2 juta.

Pada tahun 2013, keempat perusahaan tersebut hanya akan membayarkan upah kepada pegawai sesuai dengaan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) 2013 yang telah ditetapkan, yaitu Rp 1.978.789. Keempat perusahaan yang disetujui penangguhannya itu adalah PT GL Communication, GL Consulting, Strategic Pest Control, dan PT Mitra Busana Aperemindo di Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Deded Sukendar mengatakan, Disnakertrans DKI telah melakukan evaluasi terhadap sekitar 50 perusahaan yang mengajukan penangguhan UMP 2013. Namun, hanya empat perusahaan yang mendapatkan pengabulan penangguhan.

"Empat perusahaan tersebut dipilih karena melihat kemampuan perusahaan untuk membayarkan upah pegawai," kata Deded di Balaikota Jakarta, Senin (17/12/2012).

Deded mengatakan, jumlah tersebut belum final. Disnakertrans DKI masih akan melakukan evaluasi terhadap perusahaan yang mengajukan penangguhan. Ia mengatakan, ada kemungkinan jumlah perusahaan yang disetujui penangguhannya akan bertambah.

Perusahaan yang disetujui penangguhannya hanya akan membayarkan upah pegawai mereka sesuai dengan KHL 2013. Pembayaran itu akan dievaluasi setelah enam bulan. "Jika selama enam bulan memang tidak sanggup membayar, maka akan diperpanjang kembali sepanjang enam bulan kemudian," ujar Deded.

Perusahaan-perusahaan yang dikabulkan penangguhannya itu, menurut Deded, juga telah menghadap Kementerian Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.