Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Lalap Minimarket Waralaba di Makasar

Kompas.com - 18/12/2012, 09:14 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Minimarket waralaba Indomaret yang terletak di Jalan Pusdiklat Depnaker, RT 09 RW 06, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (18/12/2012) pagi, dilalap si jago merah. Akibat kebakaran itu, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Alsa (19), salah seorang karyawan Indomaret, mengatakan, api muncul dari ruang gudang yang berada di belakang toko sekitar pukul 06.30 WIB. Api yang gagal diantisipasi pun telanjur membesar dan merembet plafon toko. "Kami enggak tahu awal apinya dari mana, tiba-tiba dari gudang merembet ke atas, kami pada panik saja," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi kejadian seusai musibah tersebut.

Di dalam gudang, si jago merah melahap puluhan kardus berisi barang penjualan toko, mulai dari makanan ringan hingga perlengkapan aktivitas sehari-hari. Tiga orang karyawan yang berada di toko itu pun berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

"Api sudah gede banget, sampai terdengar ledakan dua kali, enggak tahu ledakan karena apa. Kami langsung keluar," kata Alsa.

Api berhasil dijinakkan sekitar setengah jam kemudian saat petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran Jakarta Timur menurunkan sedikitnya 10 mobil pemadam. Sekitar pukul 07.15 WIB, api berhasil dijinakkan.

Berdasarkan pantauan, kebakaran tersebut menghanguskan sebuah gudang Indomaret yang dimiliki oleh Chandra Purnadi. Akibatnya, barang-barang yang ada di gudang ludes terbakar. Demikian juga barang-barang yang terpajang di etalase toko juga tampak rusak akibat semprotan air petugas pemadam. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Namun, insiden kebakaran tersebut tak memakan korban jiwa. Pihak karyawan memperkirakan kerugian sekitar ratusan juta rupiah.

Berita terkait, baca:

KEBAKARAN DI JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com