Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Calo Antrean Kartu Sehat di RSUD

Kompas.com - 18/12/2012, 15:40 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melonjaknya pengunjung rumah sakit setelah Kartu Jakarta Sehat (KJS) muncul dimanfaatkan segelintir orang. Antrean yang panjang di loket poli umum RSUD Cengkareng, membuat calo-calo menawarkan jasanya dan menjual tiket antrean.

"Antreannya biasanya pagi. Calo-calo nawarin nomor-nomor muda supaya ngantrenya enggak lama," kata Suryati Taher (46), warga Cengkareng Barat kepada wartawan, Selasa (18/12/2012).

Untuk satu nomor dihargai Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Jika ia mendatangi Rumah Sakit pukul 06.00 WIB, ia sudah mendapatkan antrean di atas angka 100.

"Saya jadi harus datang lebih pagi supaya bisa dapet antrean angka kecil, tapi tetap saja dapatnya angka yang besar," ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan calo antrean nomor kecil di rumah sakit sangat merugikan pasien yang sudah lebih lama mengantre. Selain rugi waktu, pasien yang lama mengantre juga rugi biaya tambahan jika harus membeli nomor dari calo rumah sakit.

Suryati mengungkapkan, ia tidak mengetahui bagaimana calo tersebut bisa mendapatkan nomor-nomor kecil di RSUD tersebut. Padahal untuk mendapatkan nomor antrean, pasien harus menyerahkan berkas-berkas agar bisa berobat dengan menggunakan KJS.

Juju, warga Semanan, Kalideres juga membenarkan keberadaan calo nomor antrean kecil tersebut. Ia sudah berada di RSUD sejak pukul 07.15 WIB, atau lima belas menit setelah loket pendaftaran dibuka, tapi dirinya sudah mendapat nomor antrean yang cukup jauh.

Sayangnya, hingga pukul 15.30 WIB pihak rumah sakit belum bisa dimintai konfirmasi mengenai keberadaan calo tersebut.

Pascaluunching KJS oleh gubernur DKI Joko Widodo, RSUD Cengkareng bisa menerima kunjungan pasien sebanyak 500 orang per hari. Antrean pun sudah mengular mulai pukul 05.00 WIB. Bahkan di hari Senin, antrean rumah sakit bisa mulai sejak pukul 03.00 WIB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com