Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Bike Sharing" Kampus UI "Role Model" untuk Jakarta

Kompas.com - 18/12/2012, 19:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dr Jachrizal Sumabrata mengatakan bahwa Universitas Indonesia (UI) terbukti sukses mensukseskan program Bike Sharing di area kampus dan semoga kesuksesan tersebut dapat diterapkan di ruang lingkup yang lebih luas, yaitu Kota Jakarta.

Dosen Fakultas Teknik UI yang aktif dalam komunitas gerakan bersepeda di kampusnya tersebut menjelaskan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Seminar dan Pameran Transjakarta, Bike Sharing and Greenways dengan tema "Solusi Transportasi untuk Jakarta Berkelanjutan" Selasa (18/12/2012), di Grand Sahid Jaya Hotel, Sudirman, Jakarta Selatan.

Saat ini kampus UI terdapat 2 buah stasiun sepeda yang masing-masing terdapat di Stasiun KRL Universitas Indonesia dan Stasiun KRL Pondok Cina. Para mahasiswa yang tiba dengan menggunakan kereta dapat menggunakan sepeda untuk menuju fakultas mereka masing-masing.

Sementara itu, Ketua Organisasi Bike to Work Indonesia, Toto Sugito mengatakan bahwa banyak keuntungan yang diperoleh dari kegiatan bersepeda baik itu keuntungan secara umum di masyarakat maupun keuntungan pribadi.

Dia mengatakan bahwa areal parkir untuk 1 mobil dapat diisi dengan 20 buah sepeda dan dengan menggunakan sepeda maka masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya bahan bakar dan biaya tol dan tentu dengan bersepeda jauh lebih menyehatkan.

Lebih lanjut dia juga ada menceritakan pengalaman menariknya saat bersepeda dari rumahnya di daerah Cibubur ke kantornya di Tebet. Menurutnya, di saat-saat tertentu bersepeda jauh lebih cepat dibandingkan mengendarai mobil.

"Saya pernah nyetir mobil dari Cibubur ke Tebet memakan waktu sekitar 2 jam dan itu juga saya telah mengeluarkan biaya untuk tol dan bahan bakar. Beberapa hari kemudian saya coba naik sepeda dan cuma 1 Jam 20 menit, tanpa bayar tol dan tanpa bayar bahan bakar," ujar Toto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com