Kompas.com - 19/12/2012, 10:09 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bertekad menekan praktik percaloan yang terjadi dalam proses pendaftaran Kartu Jakarta Sehat atau KJS. Rencananya, hal itu akan diwujudkan dengan melengkapi semua rumah sakit rujukan KJS dengan kamera CCTV.

"Soal calo, kami akan pasang CCTV. Kami akan seperti itu," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2012) pagi.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, praktik kecurangan telah terjadi pada program serupa yang berjalan sebelum dirinya memimpin Jakarta, baik itu dilakukan calo maupun permainan data, sehingga seseorang bisa mendapatkan layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) palsu.

"Ooo... Waktu Jamkesda juga ada permainan di SKTM juga kencang," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Basuki menerima laporan tentang praktik percaloan pengurusan KJS di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Modus yang digunakan oknum tak bertanggung jawab ini adalah memanfaatkan panjangnya antrean dengan menjual nomor antrean kepada warga yang ingin mengurus KJS. Dari informasi yang dihimpun, para calo menjual nomor antrean di urutan terdepan seharga Rp 30.000. Dengan membeli nomor urut ini, para warga dapat langsung menempati posisi terdepan tanpa perlu antre berlama-lama.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.