Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang di Rumah Seorang Pejabat Orba Terbakar

Kompas.com - 19/12/2012, 16:28 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gudang sebuah rumah di Jalan Jalan Pejaten Raya, sekitar pukul 14.45 WIB tadi, terbakar. Penghuni rumah mengaku rumah tersebut milik mantan pejabat di era Orde Baru.

Menurut Edi (68), yang menghuni rumah tersebut, api membakar perabotan dan barang bekas yang disimpan di dalam gudang. Saat gudang terbakar, dia beserta anaknya mengaku sedang tidak ada di rumah.

"Penyebabnya saya enggak tahu. Tapi, pas saya pulang mendadak sudah ada apinya," kata Edi saat dijumpai di lokasi kejadian, Rabu (19/12/2012) sore.

Edi menuturkan, sang istri tengah pergi menjemput anaknya di sebuah universitas di Jakarta. Sementara dirinya sedang mencari obat di sebuah apotek di wilayah Pasar Minggu.

Mengetahui gudang samping rumahnya terbakar, Edi pun sempat berupaya untuk memadamkan api. Namun, upaya tersebut sia-sia karena api sudah lebih dulu membesar.

"Saya ambil seember air, saya siram enggak bisa. Apinya udah gede. Di sini saya disuruh jagain, bukan rumah saya, rumah saudara, yang menteri itu, Bustamil," ujar Edi.

Kasiop Sudin Damkar Jakarta Selatan Muchtar Zakaria menuturkan, dugaan awal peristiwa kebakaran tersebut disebabkan hubungan arus pendek listrik yang terjadi dan berasal dari gudang tersebut.

"Dugaan sementara dari hubungan arus listrik. Api sempat membesar. Ada sembilan unit DPK yang diturunkan," kata Muchtar.

Upaya pemadaman berlangsung sekitar hampir setengah jam. Jalan raya di depan lokasi kejadian sempat ditutup, tetapi tak berlangsung lama dan dibuka kembali. Warga sekitar pun tampak berkumpul di depan rumah tersebut menyaksikan kejadian itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com