Kompas.com - 19/12/2012, 17:43 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memutar otak untuk mendapatkaan solusi jitu menangani permasalahan sampah. Kali ini telontar ide untuk mempekerjakan para pemulung dengan jaminan pemberian gaji Rp 2 juta setiap bulan.

Ide tersebut pertama kali disampaikan kepada wartawan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut dia, semua ini merupakan keinginan Gubernur DKI Joko Widodo untuk melibatkan semua pihak mengurai masalah sampah Ibu Kota yang terus menggunung.

"Kita tidak bicara soal bersihkan sungai saja. Kita enggak mau bicarakan sistem. Kita ingin semua orang ikut menjaga," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Basuki menjelaskan, menggaet pemulung dalam upaya menekan jumlah sampah di Jakarta dirasa akan membawa dampak yang saling menguntungkan. Di satu sisi para pemulung dapat memilah sampah yang masih memiliki daya jual dan sisa sampah yang dipungutnya dapat ditampung di tempat pembuangan sampah sementara.

"Ya, kita kasih mereka gaji tetap. Kalau Rp 2 juta untuk 2.000 orang kan cuma Rp 48 miliar, ketimbang sekarang kita anggarkan Rp 75 miliar tapi masih enggak bersih juga," ujarnya.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X