Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kita Akan Gaji Pemulung Rp 2 Juta Per Bulan

Kompas.com - 19/12/2012, 17:43 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus memutar otak untuk mendapatkaan solusi jitu menangani permasalahan sampah. Kali ini telontar ide untuk mempekerjakan para pemulung dengan jaminan pemberian gaji Rp 2 juta setiap bulan.

Ide tersebut pertama kali disampaikan kepada wartawan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut dia, semua ini merupakan keinginan Gubernur DKI Joko Widodo untuk melibatkan semua pihak mengurai masalah sampah Ibu Kota yang terus menggunung.

"Kita tidak bicara soal bersihkan sungai saja. Kita enggak mau bicarakan sistem. Kita ingin semua orang ikut menjaga," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Basuki menjelaskan, menggaet pemulung dalam upaya menekan jumlah sampah di Jakarta dirasa akan membawa dampak yang saling menguntungkan. Di satu sisi para pemulung dapat memilah sampah yang masih memiliki daya jual dan sisa sampah yang dipungutnya dapat ditampung di tempat pembuangan sampah sementara.

"Ya, kita kasih mereka gaji tetap. Kalau Rp 2 juta untuk 2.000 orang kan cuma Rp 48 miliar, ketimbang sekarang kita anggarkan Rp 75 miliar tapi masih enggak bersih juga," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com