Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Perampok Nasabah Tertangkap, Empat Buron

Kompas.com - 19/12/2012, 18:39 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pelaku perampokan nasabah Bank BCA Cikarang tertangkap oleh Subdirektorat Jatanras Polda Metro Jaya. AA (36) dan IS (33) tertangkap di Bekasi, Sabtu (7/12/2012) silam.

Meski demikian, polisi masih harus mengejar empat tersangka lain yang turut terlibat dalam perampokan yang menimpa Hj Een (41) 18 September 2012 silam.

"Salah satu dari empat buronan tersebut adalah AS yang menjadi otak perampokan," jelas Kepala Subdit Jatanras Ajun Komisaris Besar Polisi Helmy Santika, Rabu (18/12/2012).

Para pelaku merampok uang sejumlah Rp 105 juta dari tangan Een dengan cara menodong Een menggunakan golok. Para pelaku kemudian membacok korban dan merampas uang yang sudah disimpan di balik jok motor.

Menurut Helmy, para pelaku memang sudah mengikuti Een sejak masuk ke bank. Mereka sudah membagi tugas.

Ada yang mengintai, ada yang masuk ke bank menyamar sebagai nasabah melihat korban mengambil uang. Pelaku lalu memberitahu temannya yang menunggu di luar dan bersiap-siap mengepung para korban.

"Satu hari sebelum kejadian, para pelaku berkumpul di sebuah hotel di Cibitung untuk merencanakan perampokan tersebut," kata Helmy.

Dari penangkapan ini, polisi menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor dan satu unit ponsel. Adapun keberadaan uang yang dirampok masih berada dalam penelusuran.

"Kami juga masih memeriksa data apakah salah satu dari para pelaku ini adalah residivis. Namun yang jelas, mereka telah melakukan aksi perampokan ini sejak tahun 2010," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Toni Harmanto.

Para pelaku yang telah tertangkap kini masih berada dalam penyidikan terkait perbuatan mereka. Mereka terancam dijerat pidana Pasal 365 KUHP mengenai Pencurian dengan Kekerasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com