Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia Tempat Penggilingan Daging Terus Dilakukan

Kompas.com - 19/12/2012, 19:13 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Razia bakso yang dicampur daging babi atau celeng di tempat-tempat penggilingan daging akan terus diintensifkan. Hal itu guna menekan keresahan masyarakat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, pihaknya menggandeng Sub Dinas Perikanan dan Peternakan Propinsi DKI Jakarta, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya, serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan razia. Razia juga akan dilakukan di pasar-pasar.

"Kerjasama dan koordinasi dilakukan, agar hak masyarakat sebagai konsumen dapat terlindungi," tutur Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/12/2012).

Razia itu, kata Rikwanto, akan mengungkap tempat-tempat penggilingan yang mengoplos daging sapi dan daging celeng (babi hutan), seperti yang terjadi di Cipete, Jakarta Selatan. Di Cipete, petugas Sub Dinas Perikanan dan Peternakan menyita 50 Kilogram daging celeng dan 15 kg daging olahan yang sudah jadi.

Dari 50 Kg daging celeng yang disita, diperkirakan bahwa sudah ada beberapa Kg yang dikirimkan ke tempat-tempat yang biasa memesan daging giling dari tersangka ED. Dari tempat penggilingan daging milik ED, ditemukan pula beberapa barang bukti yaitu alat giling, daging celeng, dan daging olahan.

Menurut Rikwanto, ED melakukan hal itu dengan alasan faktor ekonomi. "Ingin mendapatkan keuntungan besar, maka daging dicampur. Praktik ini pun sudah berjalan selama tiga tahun," tuturnya.

Saat ini, tersangka ED ditahan di Mapolres Jakarta Selatan guna penyelidikan. ED terancam dijerat pasal berlapis karena melanggar Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 Undang-undang Perlindungan Konsumen tahun 1999 dengan ancaman lima tahun kurungan dan denda hingga Rp 1 miliar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com