Kompas.com - 19/12/2012, 19:30 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan meminta Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya mengkaji ulang waktu pelaksanaan Jakarta Car Free Night. Kebijakan yang rencananya bakal diterapkan pada malam pergantian tahun baru 2013, mulai pukul 21.00 WIB ini dinilai akan menghambat aktivitas warga yang melintas di area Car Free Night.

"Justru akan menghambat pergerakan umat kristiani yang mau ke tempat ibadah, atau warga yang mau ke tempat-tempat hiburan," kata Ferrial saat dijumpai di Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memiliki ide untuk menggelar Car Free Night pada malam pergantian tahun. Meski belum disahkan, naamun rencananya ide ini bakal digelar mulai pukul 21.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin sampai Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam Car Free Night yang memakan jalan sepanjang hampir tujuh kilometer, Pemprov DKI akan mendirikan sedikitnya 16 panggung hiburan dan karnaval untuk warga yang menikmaati suasana pergantian tahun di lokasi itu.

Menurut Ferrial, pelaksanaan Jakarta Car Free Night dengan menutup ruas jalan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat pada pukul 21.00 WIB terlalu dini. Hal itu dikarenakan pergerakan warga Jakarta pada malam pergantian tahun, dimulai sejak pukul 22.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Belum lagi deretan hotel dan mal yang terdapat di kawasan Sudirman-Thamrin juga harus menjadi bahan pertimbangan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerugian pada warga yang telah memiliki rencana atau bahkan telah memesan tempat di hotel, atau restoran di dalam mal.

Joko Widodo sebelumnya juga menyatakan akan mempertimbangkan seluruh faktor sebelum benar-benar menerapkan kebijakan ini. Bekerjasama dengan Polda Metro Jaya, pihaknya akan mengantisipasi kendala teknis yang mungkin terjadi di lapangan.

"Inilah yang mau kita bahas lagi, tapi terakhir saya tanya ke hotel dan mal katanya enggak keberatan kalau rencana ini benar dilakukan mulai pukul 09.00 malam sampai pukul 02.00 pagi," ujar Jokowi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.