Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Belum Kuorum, Basuki Balik Badan

Kompas.com - 20/12/2012, 11:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada kejadian unik sesaat sebelum anggota eksekutif dan legislatif di DKI Jakarta menggelar rapat paripurna. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memutuskan kembali ke ruang kerjanya setelah tiba dan memasuki gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Sebagai informasi, hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki dijadwalkan menghadiri rapat paripurna DPRD untuk menyampaikan pidato mengenai Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta 2013. Merujuk pada jadwal, rapat tersebut seharusnya dimulai pukul 11.00 WIB.

Dengan berpakaian jas, Basuki turun dari ruang kerjanya menuju ruang paripurna DPRD DKI yang hanya berjarak tak lebih dari 100 meter. Namun, Basuki kemudian langsung berputar arah, membalikkan badannya dan kembali ke ruang kerja.

Saat ditanya para wartawan mengenai alasannya meninggalkan gedung DPRD, Basuki hanya menjawab singkat karena ruang rapat belum memenuhi kuorum (jumlah minimal anggota DPRD yang harus hadir), atau mayoritas anggota Dewan belum tiba di lokasi rapat.

"Tadi saya diinformasikan katanya belum kuorum, makanya balik lagi," kata Basuki sambil memasuki lift menuju ruang kerjanya di Gedung Balai Agung Balaikota DKI Jakarta.

Agenda pembahasan dan pengesahan anggaran DKI 2013 memang tak berjalan mulus. Berkali-kali agenda terpaksa diundur karena kedua belah pihak belum mencapai kesepahaman. Alhasil, eksekusi program untuk tahun depan terancam molor sekitar dua bulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com