Kompas.com - 20/12/2012, 13:29 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

SURABAYA, KOMPAS.com- Sekitar 1.000 buruh kembali berunjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/12/2012). Mereka menuntut supaya Gubernur Jatim segera menetapkan upah sektoral kabupaten/kota.

Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim itu merupakan perwakilan buruh dari wilayah ring satu Jatim, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, dan Mojokerto.

"Upah sektoral harus segera ditetapkan 10 persen sampai 30 persen dari upah minimum," kata salah satu buruh yang berorasi.

Buruh mendesak supaya Gubernur Jatim Soekarwo segera menetapkan upah sektoral itu karena waktunya semakin mepet. Upah itu seharusnya sudah mulai berlaku mulai Januari 2013.

Para buruh mengancam jika tuntutan ini tidak segera ditanggapi, maka buruh akan melumpuhkan Kota Surabaya. Jalur-jalur utama akan dikuasai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.