Kompas.com - 20/12/2012, 14:11 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Jakarta Barat melakukan razia gabungan parkir liar di jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. Razia ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya karena area parkir menggunakan bahu jalan.

"Razia ini gabungan dari Garnisun, Polri, Satpol PP, Polsek Tamansari, dan Dishub Jakarta Barat. Kegiatan ini sudah berlangsung mulai jam 10.00 WIB," kata Suyoto, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat di kawasan pasar Glodok, Kamis (20/12/2012).

Di kawasan Pasar Glodok, kata dia, sering dilakukan razia parkir liar karena masyarakat tidak memiliki efek jera untuk parkir di bahu jalan. Apalagi sarana parkir di Pasar Glodok sudah disiapkan pengelola pasar, tetapi masyarakat menganggap remeh tilangan polisi mengenai parkir di sembarang tempat.

Sukarno, Kanit Lantas Polsek Tamansari mengungkapkan, dalam razia ini terdapat sekitar 80 kendaraan yang ditilang polisi. Sebanyak 60 kendaraan bermotor, dan 20 kendaraan roda empat. Kendaraan yang ditilang tersebut sudah dirantai terlebih dahulu oleh Satpol PP Tamansari.

Sukarno mengatakan, razia kali ini hanya dilakukan di kolong pertokoan Pasar Glodok dan Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Bagi pemilik motor yang terkena razia ini akan ditilang oleh Polsek Tamansari agar kendaraannya dapat dilepas dari rantai atau gembok yang dipasang oleh Satpol PP.

"Kalau yang ditilang dan petugas sudah tidak ada yang menjaga bisa langsung mendatangi gedung arsip di Gajah Mada. Nanti setelah ditilang, rantai dan gembok akan dilepaskan polisi," ungkap Sukarno.

Dinas Perhubungan Jakarta Barat sebelumnya sudah berkali-kali melakukan razia di sekitar jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Razia ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang sering terjadi di daerah tersebut. Sayangnya, walaupun sering ditertibkan, masih banyak pengguna kendaraan yang parkir liar di bahu jalan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X