Kompas.com - 20/12/2012, 15:17 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2013 kepada DPRD DKI. Dalam RAPBD tersebut, Jokowi menyampaikan beberapa program unggulannya. Dia optimis program kerjanya itu akan disetujui oleh DPRD DKI.

"Sepanjang untuk kepentingan kota dan untuk kepentingan masyarakat, dewan pun pasti juga akan mengerti," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Pada awalnya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama memiliki target pertengahan bulan Desember, RAPBD 2013 sudah diketok palu. Namun, faktanya pertengahan Desember ini, Gubernur baru menyampaikan dokumen RAPBD DKI 2013 kepada DPRD DKI. Jokowi mengatakan molornya agenda RAPBD DKI 2013 ini karena banyak perubahan drastis.

"Ya, kalau enggak ada perubahan ya enggak usah mundur-mundur kayak begini, sudah disetujui dari dulu. Ya memang belum bisa mengubah secara total. Kenapa mundur-mundur karena memang banyak perubahan yang drastis," kata Jokowi.

Jokowi menargetkan akhir tahun ini, APBD DKI sudah rampung dan langsung disampaikan ke Mendagri. Untuk itu, Jokowi mengaku selalu mengebut mengerjakan anggaran tersebut dari pagi hingga pagi kembali.

"Iya, penginnya sudah rampung dari dulu-dulu kan. APBD ini kan menjadi acuan kerja kita tahun 2013," kata Jokowi.

Namun Jokowi tak mempersalahkan mundurnya pengesahan APBD DKI 2013 yang juga akan mengakibatkan molornya implementasi program Jokowi-Basuki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ya enggak apa-apa, mundur kan biasa. Pertama begini biasa wong kita juga baru saja dilantik Oktober pertengahan," ujarnya.

Adapun Rancangan Peraturan Daerah APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013 mencapai Rp 46,86 triliun atau meningkat 13,32 persen dibandingkan dengan Perubahan APBD 2012 sebesar Rp 41,35 triliun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.