Kompas.com - 20/12/2012, 20:48 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini, Indonesia Port Corporation  telah memulai proses prakonstruksi Terminal Kalibaru atau New Priok Tahap I yang meliputi tiga terminal peti kemas dan dua terminal produk. Pelaksana proses konstruksi tersebut adalah PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai perusahaan pemenang tender konstruksi.

Pekerjaan utama proses prakonstruksi yang saat ini dilakukan PT PP adalah pembuatan penahan gelombang (breakwater), dermaga, reklamasi, pengerukan alur dan kolam, serta pembuatan lapangan penumpukan.

"IPC (Indonesia Port Corporation) sudah sangat siap membangun dan mengoperasikan New Priok. Oleh karena itu saya minta kepada semua pihak untuk mendukung proses tersebut, konsisten akan komitmen menyelesaikan New Priok tepat waktu sesuai dengan Perpres Nomor 36 Tahun 2012," kata Direktur Utama IPC, RJ Lino, Kamis (20/12/2012), di Jakarta.

Terminal Kalibaru  akan dibangun di atas lahan seluas 195 hektar yang diperkirakan akan menambah kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok, pelabuhan terbesar di Indonesia, dengan potensi sebesar 4,5 juta TEUs peti kemas serta 9,4 juta meter kubik produk minyak dan gas.

Terminal New Priok dirancang dengan draf atau kedalaman hingga minus 20 meter Low Water Spring (mLWS) dengan pengerukan tahap pertama sedalam minus 16 mLWS. Untuk alur pelayaran dirancang untuk dua arah yang memiliki lebar mendekati 300 meter dengan dermaga yang dibangun sepanjang 4.000 meter.

Kurang amdal

Hingga saat ini, IPC telah memiliki semua persyaratan dan izin yang dibutuhkan terkait pembangunan dan pengoperasian New Priok, kecuali izin lingkungan dan Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

Proses izin lingkungan dan amdal saat ini sudah memasuki tahap final dan sedang dalam proses administrasi untuk ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup. Seluruh proses teknis terkait izin tersebut telah sepenuhnya selesai.

Mempertimbangkan waktu yang sangat terbatas, IPC telah melaksanakan seleksi mitra operator secara terbatas untuk mendukung rencana pengoperasian Terminal Perikemas I pada akhir  2014. Calon mitra yang diundang adalah operator yang memiliki reputasi internasional dan diharapkan dapat membawa market dan kapal berukuran besar langsung menuju New Priok guna menurunkan biaya logistik nasional.

Ketiga calon mitra tersebut yaitu Mitsui (NYK, Evergreen, dll), APM Terminal (Maersk Line), dan ICTSI (MSC). Untuk seleksi terminal operator Terminal Petikemas 2 dan 3 telah dimulai tender terbuka dengan mengumumkan registrasi melalui media nasional dan internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.