Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Jalur Sepeda Melawai yang Jarang Steril

Kompas.com - 21/12/2012, 11:03 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Selatan menjadi salah satu perintis jalur khusus sepeda sebagai fasilitas umum di DKI Jakarta. Sayangnya, jalur khusus tersebut jarang terlihat steril dari kehadiran jenis kendaraan lain.

Jalur yang terbentang mulai dari Taman Ayodya hingga Plaza Melawai sepanjang 1,5 Kilometer itu seakan menjadi lokasi parkiran bagi kendaraan pribadi sejumlah kantor dan toko yang berlokasi di Jalan Melawai Raya. Sementara itu, lokasi jalur khusus sepeda yang berdekatan dengan Plaza Melawai justru menjadi pangkalan Bajaj dan ojek, bahkan tempat 'ngetem' metromini.

Tidak hanya itu, saat dilakukan razia perparkiran oleh Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jaya pada Kamis, 29 November 2012 lalu, petugas menemukan separator jalur khusus sepeda telah dibongkar untuk dijadikan jalur keluar masuk ke arah sebuah hotel yang berlokasi di Jalan Melawai Raya.

Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi mengakui bahwa jalur sepeda yang diresmikan Gubernur Fauzi Bowo pada 22 Mei 2011 itu tidak berjalan efektif. Meski demikian, ia berkeinginan untuk memperpanjang jalur khusus tersebut.

"Kita sudah menjadi perintis jalur khusus sepeda di Jakarta, meskipun saat ini belum efektif. Ke depan kita akan upayakan untuk memperpanjang lagi," kata Anas dalam acara Paparan Akhir Tahun di Kantor Walikota Jaksel, Kamis (20/12/2012).

Ia tidak menyinggung soal langkah penertiban atas penyalahgunaan kawasan tersebut. Meskipun Sudin Perhubungan sudah beberapa kali melakukan penertiban di kawasan Melawai, namun terkesan langkah yang diambil lebih bersifat simbolik. Pasalnya, hari berikutnya kendaraan umum maupun pribadi kembali mengisi jalur sepeda tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com