Kompas.com - 21/12/2012, 21:55 WIB
Penulis Sri Rejeki
|
EditorAgus Mulyadi

SOLO, KOMPAS.com - Bank Indonesia akan menyediakan uang tunai Rp 800 miliar untuk Kota Solo, untuk persediaan uang selama Natal dan Tahun Baru. Sebesar Rp 400 miliar untuk persediaan di mesin-mesin anjungan tunai mandiri (ATM), dan Rp 400 miliar untuk persediaan di bank-bank.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Doni P Joewono, Jumat (21/12/2012).

"Solo jadi tujuan wisata, sehingga kami perkirakan banyak kebutuhan akan uang cash baik di bank maupun ATM. Untuk periode 24 Desember hingga 2 Januari mendatang kami sediakan total Rp 800 miliar," kata Doni.

Pada kondisi biasa, kebutuhan uang pada periode yang sama hanya Rp 200 miliar, namun untuk kebutuhan hari raya dan akhir tahun disiapkan sebesar Rp 400 miliar. Uang yang beredar selama Lebaran lalu mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Dari jumlah itu, sebanyak 90 persen telah kembali kepada Bank Indonesia, yang kemudian akan disediakan untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru.

Jumlah ATM di wilayah eks Karesidenan Surakarta dan sekitarnya mencapai 951 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.