Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihadang Banjir, Sudirman-Senayan Macet

Kompas.com - 22/12/2012, 17:45 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Sabtu (22/12/2012) siang hari ini menyebabkan banjir di sejumlah titik. Dari pantauan Kompas.com pada Sabtu sore, beberapa titik banjir terjadi dari sejak under pass Dukuh Atas sampai terowongan Semanggi.

Di under pass Dukuh Atas, air mengalir deras sampai ketinggian sekitar 15 sentimeter dan menghambat laju kendaraan yang ingin melintas. Titik selanjutnya ada di Jalan Sudirman, tepatnya di depan gedung Sampoerna Strategic.

Air dari kali Krukut meluap cukup tinggi, mencapai lebih dari 30 sentimeter. Buntutnya, para pengguna jalan, khususnya roda dua, terpaksa berbalik arah, atau naik ke jalur cepat yang akhirnya membuat jumlah kendaraan menjadi semakin padat. Genangan air di titik ini sampai ke depan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atmajaya.

Di lokasi tersebut, tampak belasan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta yang mencoba membuka drainase untuk mengalirkan air yang menggenang ke dalam Kali Krukut.

"Ini sudah dari tadi, kami coba buka salurannyaa biar cepat surut," kata Tariat, salah seorang petugas dari Dinas PU DKI.

Para pengemudi motor yang tak sabar dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat, akhirnya mengambil jalur pintas dari sisi gedung Sampoerna Strategic. Namun demikian situasinya tak jauh berbeda. Sebuah pohon tumbang dan genangan air juga terdapat di jalan yang dapat tembus ke Plaza Semanggi atau ke Jalan Gatot Subroto.

Lepas dari situ, genangan air masih terjadi di terowongan Semanggi. Genangan air setinggi 30 sentimeter harus dilalui para pengguna jalan dengan susah payah. Setelahnya, kondisi jalan lumayan lengang sampai di seberang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Terjadi penumpukan kendaraan yang ingin memutar arah di Bundaran Senayan sampai jalan menuju Slipi atau arah Sudirman. Sampai berita ini diturunkan, curah hujan sudah mulai reda. Situasi lalu lintas relatif lebih lancar karena debit air sudah mulai menurun.

Berita terkait, baca :

BANJIR GENANGI JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com