Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Beri Lampu Hijau Pembangunan MRT dan Monorel

Kompas.com - 23/12/2012, 02:30 WIB

Jakarta, Kompas - Setelah ”berteka-teki” selama hampir dua bulan soal kelanjutan proyek pembangunan monorel dan mass rapid transit atau MRT, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mulai memberikan lampu hijau untuk segera memulai pembangunannya. Kemungkinan proyek itu bakal dieksekusi pada tahun 2013.

Jokowi, Sabtu (22/12), mengatakan, ada indikasi pemerintah pusat menyetujui perubahan skema pembagian beban dalam pembayaran pinjaman proyek MRT. Selama ini Jokowi keberatan dengan skema 42 : 58, yaitu 42 persen ditanggung pemerintah pusat dan 58 persen ditanggung Pemprov DKI Jakarta.

”Pak Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sudah meminta kami mengajukan surat tertulis berapa yang kami minta. Intinya, beliau sudah berikan lampu hijau, tetapi nanti besarannya biar beliau yang sampaikan,” kata Jokowi.

Sedianya Jokowi akan bertemu Hatta pada Kamis sore, tetapi karena kemacetan parah selepas hujan di Jakarta, pertemuan itu batal digelar. Sebelumnya, Jokowi mengatakan, pada pertemuan itu bakal diputuskan tentang kelanjutan proyek MRT.

Semula Jokowi mengajukan skema 70 persen pusat dan 30 persen DKI. Akan tetapi, besaran itu tampaknya tidak mendapat persetujuan dari pemerintah pusat. Akhirnya kemarin Jokowi mengatakan telah menurunkan besaran skema yang diminta, yaitu 60 persen pusat dan 40 persen DKI.

Anggaran pembangunan MRT tahap pertama sebesar Rp 3,80 triliun juga sudah dicantumkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta tahun 2013 yang diajukan Jokowi dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Kamis lalu. Pembangunan MRT juga menjadi salah satu dari 20 program unggulan Jokowi tahun 2013.

Dalam paparan tentang RAPBD, pada poin 8 program unggulan disebutkan, pembangunan MRT itu untuk pembebasan lahan koridor, pelebaran jalan penunjang MRT, dan pelaksanaan pembangunan konstruksi MRT akan dilakukan oleh PT MRT Jakarta.

Terkait dengan monorel, Jokowi mengatakan sudah memberikan lampu hijau untuk pembangunan monorel. ”Saya sudah berikan lampu hijau agar (pembangunan) monorel jalan. Pelaksananya? Enggak tahu,” katanya.

Ada dua konsorsium yang mengajukan diri untuk membangun monorel, yaitu PT Jakarta Monorail dan PT Adhi Karya.(FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com